Langsung ke konten utama

Knowledge Management, Innovation and Organizational Performance


Semakin tingginya persaingan yang terjadi di dunia bisnis, membuat perusahaan/organisasi berlomba-lomba untuk mejadi yang terbaik. Salah satunya dengan melakukan inovasi yang bertujuan untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki pengetahuan, ia tidak dapat mengelola dirinya sendiri untuk menjadi perusahaan yang kuat. Tentu informasi dan pengetahuan kini menjadi sangat vital, mengingat penggunaan informasi dan pengetahuan mempermudah semua aktivitas dan meningkatkan proses pengambilan keputusan. 
Penelitian ini difokuskan pada peran Knowledge Engineer dalam penerapan Knowledge Management (KM) dengan bantuan proses dan strategi KM yang pada akhirnya mengarah pada inovasi. Studi ini memperdalam pembahasan faktor kritis keberhasilan KM, dan menyimpulkan bahwa proses Knowledge Management yang terdiri dari Knowledge Creation, Knowledge Organizing, Knowledge Storage, Knowledge Sharing & Knowledge Utilization memiliki dampak signifikan namun tidak langsung terhadap industri perbankan, dan hasilnya menunjukkan bahwa proses ini berkontribusi dalam peningkatan inovasi di industri perbankan.

Sumber:http://www.ijke.org/vol1/7-K202.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Penulis

Hai!!! Kalau kata pepatah tak kenal maka tak sayang, oleh sebab itu ada baiknya saya memperkenalkan diri terlebih dahulu di postingan pertama saya ini. Perkenalkan nama saya Gilbertha Ayu Sijabat, sering dipanggil Ibel. Sekarang (17-03-2018) saya terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Dari dulu saya selalu berusaha untuk aktif di banyak tempat dan juga kegiatan, karena dari dulu juga saya mempunyai prinsip untuk dapat menjadi orang yang berarti. Ketika saya SMP saya sangat aktif menjadi Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah saya. Banyak hal mengenai PMR yang saya pelajari, mulai dari pertolongan pertama, membuat tandu, hingga dapur umum saya kuasai. Menjadi petugas kesehatan saat upacara ataupun kegiatan lainnya adalah kebiasaan saya. Selain PMR saya juga gemar membuat kerajinan tangan, membuat prakarya dari berbagai bahan, hingga puncaknya saya pernah menjuarai membuat baju dari bahan bekas yang diadakan SMPK PEN

Using Data Mining Techniques to Increase Efficiency of Customer Relationship Management Process

CRM membantu perusahaan mengumpulkan informasi berdasarkan kebutuhan dan permintaan pelanggan saat ini dan masa depan, CRM mencakup semua langkah yang dilakukan oleh sebuah organisasi untuk menciptakan dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan. Menggunakan teknologi seperti database dan penggalian data, CRM dapat diperkenalkan sebagai area baru dimana perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif. Melalui sistem CRM, sebuah perusahaan dapat meningkatkan performanya untuk memberikan layanan yang lebih baik dengan biaya lebih rendah. Dengan menggunakan teknik penggalian data, perusahaan dapat mengekstrak informasi tersembunyi pelanggan dari database besar, dengan waktu yang lebih efisien. Dengan begitu, organisasi dapat menentukan nilai pelanggan dan memprediksi perilaku dan persyaratan masa depan mereka.   Studi ini menunjukkan bahwa menggunakan teknik penggalian data di CRM akan meningkatkan efisiensi CRM dan memberikan kemampuan prediksi yang lebih baik kepada

Attainment of Competitive Advantage Through ERP and Procurement

Sekarang orang tidak memandang dari mana organisasi anda, beroperasi pada negara apa, dimana manufakturnya dan dimana produk anda akan dijual, namun dari bisnis model seperti apa yang anda miliki. Teknologi informasi merubah seluruh bisnis model dan membuatnya semakin terkoordinasi. Enterprise Resource Planning (ERP) dianggap sebagai salah satu faktor sukses untuk jaringan bisnis.  Artikel ini menyajikan literatur kontemporer dari sistem informasi bisnis yang mendukung pembentukan sebuah perusahaan jaringan yang sangat penting untuk meningkatkan kombinasi profitabilitas hirarkis dari jaringan pengadaan dan produksi melalui ERP, yang dapat memberi organisasi bisnis keunggulan yang dominan dibandingkan dengan pesaing lainnya. Pada akhirnya artikel ini mengkategorikan manfaat ERP ini ke dalam Operasional, Strategis, Taktis, Infrastruktur, Manajerial, Organisasi dan Keuangan. Sumber:https://www.researchgate.net/publication/238327434_Business-to-business_e-procurement_Success_factors_